Stay with me ...

Saturday, December 06, 2008

Leadership ....

Baru aja selesai baca buku ttg leadership karangan Dino Patti Djalal .. interesting book n banyak yang bisa aku ambil dari sana. Pada dasarnya ada 2 tipe pemimpin, yaitu orang yang memang dilahirkan/ditakdirkan untuk jadi pemimpin dari sejak masih dalam perut ibunya dan pemimpin yang bisa memimpin karena situasional shg harus banyak belajar memimpin dari orang/lingkungan sekitar serta buku2 ttg leadership.

Mungkin aku adalah tipe yang kedua ... sesungguhnya berat sekali menjadi pemimpin meskipun hanya memimpin kelompok kecil di kantor. Ada beberapa point yang bisa aku ambil dari buku itu untuk kemudian akan aku terapkan dikelompok ku :

  1. Pemimpin terkadang harus bisa "melihat hutan" dan terkadang juga harus bisa "menanam pohon", maksudnya adalah sometime pemimpin hanya cukup melihat result tanpa perlu mengetahui detil/proses tetapi jika memang dibutuhkan pemimpin juga harus bisa melakukan hal detil atau mengerti keseluruhan proses.
  2. Pemimpin yang baik harus bisa membuat anggota dikelompoknya menjadi lebih berkembang, karena "it isn't important where is the place but who is the Boss?" ... aku juga pernah denger dari temen kalo saat ini gaji bukanlah prioritas pertama orang bisa bertahan di kantor tetapi relationship dengan atasan itu mjd faktor utama, mungkin karena itu aku cenderung memberi kenyamanan dalam berhubungan dengan my team, saat ini ego2 mereka lah yang harus aku maintain sehingga ego ku seringkali aku sembunyikan untuk kepentingan team .. so far sih so good lah ...
  3. Pemimpin harus lebih banyak mendengar & bisa mengontrol emosinya, ini yang seringkali aku sedikit kesulitan .. hhhmmm,masih harus banyak belajar klo untuk yang ini.

So, sejauh ini hal - hal itulah yang aku resapi benar maknanya dan mencoba untuk melakukannya dimanapun aku berada saat aku dikondisikan untuk be a leader ...

Semoga berguna buat para pemimpin & calon pemimpin :)

Love

Fe

No comments: